BERITA

Data Pendidikan Usia Dini (PAUD)

No. NPSN Nama Satuan PAUD Alamat Kelurahan Status 1 69845562 AZZA MUFLIHAH SURYA DARMA KENALI ASAM BAWAH SWASTA 2 69831814 EXCELLENT MANDIRI SCHOOL JL. SK. RD. SYAHBUDDIN NO.91 MAYANG MANGURAI SWASTA 3 69845620 KB...

Education Expo 2016

Education Expo 2016

    Tujuan umum dalam penyelenggaraan Education Expo 2016 adalah mewujudkan kebersamaan melalui interaksi langsung dan menyediakan sarana informasi secara terpadu dan...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomVision.Com

Pentingnya Pendidikan Moral

01 April 2015 - 7515 Views

PENTINGNYA PENDIDIKAN MORAL Dewasa ini sering kita temukan baik melalui media elektronik maupun dari dunia maya banyak sekali orang-orang baik dari kalangan politikus, para artis,  anggota DPR(D), para pejabat, para…

MAJALAH EDUCATION

12 January 2015 - 573 Views

Peran Guru Dalam Pembelajaran

11 January 2015 - 6394 Views

Upaya Peningkatan Mutu Guru

11 January 2015 - 9637 Views

Pendidikan di Indonesia Setelah Kemerdekaan (1945-1969)

Pendidikan dan pengajaran sampai dengan tahun 1945 diselenggarakan oleh Kantor Pengajaran yang terkenal dengan nama Jepang Bunkyo Kyoku dan merupakan bagian dari kantor yang menyelenggarakan urusan pamong praja yang disebut dengan Naimubu. Segere setelah diproklamasikannya kemerdekaan, Pemerintah Indonesia yang baru dibentuk menunjuk Ki Hajar Dewantara, sebagai Menteri Pendidikan dan Pengajaran mulai 19 Agustus sampai dengan 14 November 1945, kemudian digantikan oleh Mr. T.G.S.G Mulia dari tanggal 14 November 1945 sampai dengan 12 Maret 1946. Tidak lama kemudian Mr. Dr. T.G.S.G Mulia digantikan oleh Mohamad Syafei dari 12 Maret 1946 sampai dengan 2 Oktober 1946. Karena masa jabatan yang umumnya amat singkat, pada dasarnya tidak banyak yang dapat diperbuat oleh para menteri tersebut, apalagi Indonesia masih disibukkan dengan berbagai persoalan bangsa setelah diproklamasikannya kemerdekaan.

Tujuan dan Kurikulum Pendidikan

Dalam kurun waktu 1945-1969, tujuan pendidikan nasional Indonesia mengalami lima kali perubahan, mengikuti perubahan dalam suasana kehidupan kebangsaan kita. Sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan (PP&TK), Mr. Suwandi, tanggal 1 Maret 1946, tujuan pendidikan nasional pada masa awal kemerdekaan amat menanamkan penananman jiwa patriotisme. Hal ini dapat dipahami, karena pada saat itu bangsa Indonesia baru saja lepas dari penjajahan yang berlangsung ratusan tahun, dan masih ada gelagat bahwa Belanda ingin kembali menjajah Indonesia. Oleh karena itu, penanaman jiwa patriotisme melalui pendidikan dianggap merupakan jawaban guna mempertahankan negara yang baru diproklamasikan.

Sejalan dengan perubahan suasana kehidupan kebangsaan, tujuan pendidikan nasional Indonesia pun mengalami perluasan; tidak lagi semata-mata menekankan jiwa patriotisme. Dalam Undang-Undang No. 4/1950 tentang Dasar-Dasar Pendidikan dan Pengajaran di Sekolah, Bab II pasal 3 dinyatakan, ”Tujuan pendidikan dan pengajaran ialah membentuk manusia susila yang cakup dan warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air”.

Sistem Persekolahan



Sistem persekolahan yang berlaku di Indonesia pada awal kemerdekaan pada dasarnya melanjutkan apa yang telah dikembangkan pada zaman pendudukan Jepang. Sistem dimaksud meliputi tiga tingkatan yaitu pendidikan rendah, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.

Sistem persekolahan tersebut terus dipertahankan dan merupakan sistem oersekolahan yang berlaku pada zaman kemerdekaan, bahkan hingga tahun 1980-an. Hingga akhir tahun 1960-an, kalaupun terjadi perubahan, hal ini lebih pada bentuk kelembagaannya. Perkembangan lain yang terpenting dicatat pada era 1945-1969 ialah berrdirinya 42 Perguruan Tinggi Negeri berupa universitas, institut dan sekolah tinggi yang umumnya terletak di ibukota propinsi, sehingga kurun waktu tersebut dapat dikatakan sebagai “era pertumbuhan PTN”

http://blog.tp.ac.id/pendidikan-di-indonesia-setelah-kemerdekaan-1945-1969

 

 

 

 

PENGUMUMAN

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana menurut Anda, pelayanan pendidikan secara umum di Kota Jambi?

Sangat Baik - 28.6%
Baik - 28.6%
Cukup - 14.3%
Biasa Saja - 28.6%

Total votes: 7
The voting for this poll has ended on: February 12, 2015

PENGUNJUNG

138423
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
103
70
173
4566
138423